PENGABDIAN MASYARAKAT TEKNIK MESIN ITK: PENYERAHAN KURSI RODA ELEKTRIK “E-Chairity”

Pengmas - 25 Agustus 2022 - 12:00 AM

Kegiatan pengabdian masyarakat menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan oleh hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Kali ini Institut Teknologi Kalimantan (ITK) khususnya Program Studi Teknik Mesin melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, kegiatan ini dilakukan pada Selasa 16 Agustus 2022 di Sekertariat Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) dalam bentuk penyerahan Kursi Roda Elektrik kepada penyandang disabilitas.

Kursi Roda Elektrik (E-Chairity) ini merupakan hasil karya mahasiswa Teknik Mesin ITK yang dibimbing oleh Bapak Ir. Alfian Djafar, S.T., M.T, Bapak Andre Amba Matarru, S.T., M.Han, dan Bapak Ir. Gad Gunawan, S.T., M.T, dengan adanya Kursi Roda Elektrik ini diharapkan teman-teman penyandang disabilitas dapat lebih nyaman beraktifitas dalam kegiatan sehari-hari. Pada Kursi Roda Elektrik ini menggunakan dua buah motor listrik yang diletakkan pada bagian kanan dan kiri roda yang berfungsi sebagai penggerak utama. Lithium ion merupakan jenis baterai yang digunakkan untuk menggerakkan motor listrik. Pengoperasiannya menggunakan joystick yang dapat bergerak maju, maju kanan, kanan, mundur kanan, mundur, mundur kiri, kiri dan maju kiri, sehingga kursi roda dapat bergerak mengikuti arah yang diinginkan penggunanya. Pada pengisian baterai kursi roda elektrik ini dibutuhkan waktu sekitar 4-8 jam untuk penggunaan kursi roda elektrik ini kurang lebih 4 jam. Pada kursi roda elektrik ini juga dilengkapi dengan layar LCD dan juga safety belt sebagai pengaman untuk penggunanya.

Penyerahan alat ini dihadiri oleh bapak Himawan Wicaksono, S.ST., M.T sebagai Ketua Jurusan Teknik Industri dan Proses Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Bapak Andi Idhil Ismial, S.T., M.Sc., Ph.D sebagai Koordinator Program Studi Teknik Mesin ITK, selain itu dihadiri oleh beberapa pihak terkait, seperti Bapak Tukiyo dari perwakilan Dinas Sosial Kota Balikpapan, Ibu Arini sebagai Lurah dari Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan, serta Bapak Jauhari selaku Perwakilan dari CSR Pertamina RU V dari kota Balikpapan, Bapak Lukito selaku CSR PLN UIW Kaltimra, Bapak Edo selaku CSR PLN UP2D Kaltimra. “Terima kasih kepada teman-teman mahasiswa karena telah berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan kursi roda elektrik ini dan berharap bahwa kursi roda elektrik ini bisa diproduksi berkelanjutan dan tidak stop sampai di sini agar semakin banyak teman teman disabilitas yang terbantu”, ungkap bapak Sugianto selaku ketua PPDI kota Balikpapan dalam sambutan pada acara penyerahan Kursi Roda Elektrik. Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan dapat mampu memotivasi mahasiswa untuk dapat terus berinovasi sera berkarya yang dapat bermanfaat untuk lingkungan sekitar.