PENGEMBANGAN TANAM HIDROPONIK DENGAN TEKNIK BERTINGKAT DI RT 58 KELURAHAN GRAHA INDAH, KECAMATAN BALIKPAPAN UTARA 2021

Pengmas - 08 September 2022 - 12:00 AM

Program Pengabdian Masyarakat Ini dilaksanakan di Kelurahan Graha Indah tepatnya di RT 58. Sasaran dari program ini adalah warga yang telah mengembangkan pertanian Hidroponik namun masih terkendala dalam pemasaran maupun produktifitas tanaman. Fokus Pengabdian Masyarakat periode ini lebih ke Pengembangan Teknologi Hidroponik agar dengan ukuran lahan dan biaya operasional yang sama Petani dapat menghasilkan Tanaman Sayur yang lebih Produktif dengan mengembangkan Teknologi Hidroponik Bertingkat.

Pengabdian Masyarakat Ini dikerjakan oleh Mahasiswa Institut Teknologi Kalimantan  ITK dari berbagai Program Studi yang berbeda yang tergabung dalam Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik tahun 2021 di Semester Genap Dari Bulan Februari Hingga Bulan Juli. Program ini dijalankan menggunakan Dana Hibah ITK dengan Hadhimas Dwi Haryono, S.T., M.Eng. Dari Program Studi Teknik Mesin Sebagai penganggung jawab pelaksanaan Program ini di RT 58 Graha Indah dengan memfokuskan pengembangan teknologi sirkulasi fluida pembawa nutrisi Hidroponik dengan Sistem Bertingkat, sehingga dapat meminimalisir penggunaan Lahan namun Tanaman Sayur akan tumbuh dengan lebih produktif.

Dari hasil penanaman Hidroponik bertingkat ini ternyata dapat memudahkan Petani dalam memeriksa kondisi pertumbuhan maupun penyakit Tanaman Sayur. Pertumbuhan Tanaman Sayur juga menjadi lebih cepat dan subur disebabkan Tanaman Sayur lebih banyak terpapar cahaya matahari dari pada sistem hidroponik lama. Harapannya kedepan kolaborasi Masyarakat khususnya di RT 58 Kelurahan Graha  Indah dan ITK dapat terus dikembangkan sehingga Teknologi Pertanian Hidroponik dapat dikembangkan dengan baik, sehingga Petani Tanaman Sayur di RT 58 dapat memenuhi kebutuhan sayur warga Kota Balikpapan yang selama ini masih sangat bergantung dari pertanian daerah lain sehingga harga sayuran cenderung masih mahal.

Gambar Lokasi Pengambdian Masyarakat RT 58 Kelurahan Graha Indah.

Foto Lokasi Lahan Hidroponik Warga RT 58, Kelurahan Graha Indah Dengan Teknologi Hidroponik Konvensional.

Foto Serah Terima Instalasi Alat Hidroponik Bertingkat Oleh Perwakilan ITK dengan Warga RT 58 Kelurahan Graha Indah