TEKNIK MESIN ITK IKUT ANDIL DALAM KEGIATAN KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 1 TAHUN 2021

Dosen - 30 Maret 2022 - 12:00 AM

Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu kebijakan yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud) kepada seluruh mahasiswa Indonesia untuk bisa bebas dalam belajar menjelajahi ilmu-ilmu baru diluar pembelajaran program studinya. Banyak sekali program ataupun kegiatan yang ditawarkan dalam MBKM ini, salah satunya yaitu Kampus Mengajar.

Pada Program Kampus Mengajar ini bertujuan untuk membantu Sekolah Dasar di daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar) serta Sekolah Dasar lainnya yang terdampak pandemi Covid-19. Pada program Kampus Mengajar ini memberdayakan mahasiswa untuk turut andil membantu mengatasi permasalah pada Sekolah Dasar dengan harapan dapat membantu mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri lebih baik lagi, tetapi tidak hanya mahasiswa saja yang dapat mengikuti Program Kampus Mengajar ini dosen pun dapat turut ikut serta mengikuti program ini sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Dosen Institut Teknologi Kalimantan (ITK) Program Studi Teknik Mesin yakni Illa Rizianiza, S.T., M.T. terpilih menjadi salah satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dalam program MBKM Kampus Mengajar angkatan I dengan masa penugasan 22 Maret - 25 Juni 2021. Beliau membimbing 7 mahasiswa dari Universitas Mulawarman yang ditempatkan di SD 17 Samarinda Utara serta 1 mahasiswa dari Universitas Mercu Buana yang ditempatkan di SD Tumbang Danau, Kalimantan Tengah.

“Mahasiswa bimbingan saya berasal dari bidang ilmu yang berbeda - beda. Ada Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Informatika, Teknik Informatika, Pendidikan Fisika, Teknik Industri, Pendidikan Kimia, Pendidikan Jasmani, dan Psikologi. Disana mahasiswa yang ditugaskan berperan untuk meningkatkan literasi para siswa dan juga upgrade teknologi yang digunakan oleh para guru seperti Email, Google Workspace, Microsoft serta cara merancang animasi yang menarik sebagai bahan ajar untuk para siswa” jelas Illa, sabtu (29/01/22).

Sebuah kebanggaan tersendiri bagi seluruh civitas akademika ITK khususnya Program Studi Teknik Mesin. Karena DPL terpilih tentu membimbing mahasiswa dari berbagai kampus yang tersebar di Indonesia yang memiliki karakter serta latar belakang bidang yang berbeda - beda.